Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 7 Matematika Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.
Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 7 untuk Mapel Matematika Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.
Salah satu tujuan utama dari STS Matematika Kelas 7 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.
STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.
STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 7 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.
Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.
Selama pelaksanaan STS Matematika Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.
Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS Matematika dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.
Selain itu, hasil STS Matematika Kelas 7 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) Matematika Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS Matematika Kelas 7 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.
Unduh Soal STS Matematika Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka
- Semester 1 : Cek Disini
- Semester 2 : Matematika
Contoh Soal PTS/UTS Matematika Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka
1. Total keseluruhan siswa kelas tujuh sebanyak 40 orang, adapun selisih antara murid laki-laki dan perempuan sejumlah 10 orang. Jumlah perbandingan antara murid laki-laki dan perempuan sebanyak…
A. 2 : 3
B. 5 : 3
C. 7: 4
D. 1 : 2
Jawaban: B
2. Sebuah peta dibuat dengan skala 1 : 1.500.000. Jika jarak kota X dan Y pada peta 6 cm. Maka jarak sebenarnya kota X dan Y adalah .....
A. 900 km
B. 90 km
C. 9 km
D. 0,9 km
Jawaban: B
3. Dua kota pada peta memiliki jarak 2 cm, sementara jarak sebenarnya dari kedua tersebut sejauh 80 km. Tentukan skala yang digunakan pada peta…
A. 1 : 4.000.000
B. 1 : 400.000
C. 1 : 8.000.000
D. 1 : 800.000
Jawaban: A
4. Perbandingan banyak uang Dewi dan Yuda adalah 4 : 7. Jika jumlah uang mereka Rp 550.000,00, maka selisih uang mereka adalah .....
A. Rp 150.000,00
B. Rp 250.000,00
C. Rp 350.000,00
D. Rp 450.000,00
Jawaban: A
5. Jarak dua kota pada sebuah peta 4 cm, sedangkan jarak sebenarnya kedua kota itu 120 km. Maka skala peta tersebut adalah .....
A. 1 : 1.200.000
B. 1 : 1.500.000
C. 1 : 3.000.000
D. 1 : 4.000.000
Jawaban: C
6. Di antara perbandingan di bawah ini yang senilai dengan 3 : 8 adalah .....
A. 18 cm : 4,5 dm
B. 1/4 jam : 50 menit
C. 3 minggu : 49 hari
D. 7,5 kg : 200 ons
Jawaban: D
7. Toko mainan “Gembira” berhasil menjual 30 buah mainan edukatif anak dengan memperoleh hasil penjualan sebesar Rp 432.000,00. Dari hasil penjualan mainan tersebut, ternyata toko “Gembira” mendapat untung sebesar Rp 90.000,00. Maka harga pembelian sebuah mainan edukatif anak adalah .....
A. Rp 11.400,00
B. Rp 11.600,00
C. Rp 17.400,00
D. Rp 17.600,00
Jawaban: A
8. Jika tabungan Nina dan Nani digabungkan, maka total keseluruhannya adalah Rp 3.500.000, diketahui perbandingan uang keduanya yaitu 4 : 3. Selisih tabungan Nina dan Nani adalah…
A. Rp 500.000
B. Rp 950.000
C. Rp 750.000
D. Rp 300.000
Jawaban: A
9. Di antara pilihan ini, manakah pejalan kaki yang paling cepat…
A. Yuda berjalan 9,8 km selama 2 jam
B. Pram berjalan 14,4 km selama 2 jam
C. Adi berjalan 9,6 km selama 1,5 jam
D. Aldo berjalan 4,8 km selama 1 jam
Jawaban: D
10. Paman membeli sepeda motor bekas dengan harga Rp 4.500.000,00. Sepeda motor itu diperbaiki dengan biaya Rp 500.000,00, kemudian di jual Rp 5. 300.000,00. Besar persentase keuntungan paman adalah .....
A. 6 persen C. 16 persen
B. 6,70 persen D. 17,80%
Jawaban: A
11. Panjang miniatur pesawat yaitu 40 cm, dengan lebar 32 cm. Jika panjang sebenarnya dari pesawat adalah 30 meter, tentukan lebar sebenarnya…
A. 37,50 meter
B. 30 meter
C. 38 meter
D. 24 meter
Jawaban: D
12. Pak Yudi mendapatkan motor bekas dengan harga beli Rp 4.000.000. Motor tersebut dijual kembali oleh Pak Yudi sepekan kemudian Rp 4.200.000. Tentukan persentase keuntungannya…
A. 7%
B. 5%
C. 9%
D. 4%
Jawaban: B
13. Dua karung beras dibeli seorang pedagang seharga Rp1.050.000, setiap karung beras memiliki bruto 50 kg, dan tara 2%. Rencananya, beras akan dijual secara eceran Rp 11.500 per kilogram, tentukan keuntungan yang diperoleh pedagang.
A. Rp 60.000
B. Rp 95.000
C. Rp 77.000
D. Rp 86.000
Jawaban: C
14. Toko busana “Batik Jaya” menjual sebuah baju dengan harga Rp 75.000,00. Dari penjualan itu ternyata memperoleh untung 25%. Harga pembelian baju tersebut adalah .....
A. Rp 95.000,00
B. Rp 93.750,00
C. Rp 60.000,00
D. Rp 50.000,00
Jawaban: C
15. Semarang dan Jepara berjarak 3 cm di peta, sementara skala yang digunakan di peta 1 : 2.500.000. Tentukan jarak sebenarnya Kota Semarang dan Jepara.
A. 90 km
B. 35 km
C. 70 km
D. 75 km
Jawaban: D
16. Setelah diskon 30%, harga sepeda menjadi Rp 1.260.000, tentukan harga sepeda sebelum diskon…
A. Rp 1.400.000
B. Rp 1.300.000
C. Rp 1.800.000
D. Rp 1.700.000
Jawaban: C
17. Dari pernyataan-pernyataan berikut :
i) Sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar
ii) Diagonal-diagonalnya sama panjang dan saling tegaklurus
iii) Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
iv) Jumlah sudut-sudut yang berdekatan adalah 1800
Sifat jajarangenjang ditunjukkan oleh nomor .....
A. i, ii, dan iii
B. i, ii, dan iv
C. i, iii, dan iv
D. ii, iii, dan iv
Jawaban: C
18. Kedua jarum jam yang menunjukkan pukul 09.00 membentuk sudut terkecil yang disebut…
A. Sudut siku-siku
B. Sudut refleks
C. Sudut lancip
D. Sudut tumpul
Jawaban: A
19. Jika besar ∠A=4/5 kali sudut penyikunya, maka besar ∠A adalah .....
A. 40°
B. 45°
C. 72°
D. 90°
Jawaban: C
20. Panjang diagonal-diagonal persegi panjang adalah 5x cm dan (3x + 8) cm. Panjang diagonal persegi panjang tersebut adalah .....
A. 3 cm
B. 4 cm
C. 15 cm
D. 20 cm
Jawaban: B
Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap
- Download : Soal STS Sekolah Dasar (SD): Kelas 1,2,3,4,5,6
- Download : Soal STS Sekolah Menengah Pertama (SMP): Kelas 7,8,9
- Download : Soal STS Sekolah Menengah Atas (SMA): Kelas 10,11,12
Soal STS Matematika Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka